Rahma, Aminatu (2020) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Pecahan di Kelas V SD Gugus II Kecamatan Tanjung Raya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_AMINATU_RAHMA_16129156_2898_2020.pdf [thumbnail of final_B1_06_AMINATU_RAHMA_16129156_2898_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_AMINATU_RAHMA_16129156_2898_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Model Discovery Learning merupakan salah satu model yang cocok dalam
pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan pembelajaran matematika yang
diharapkan dalam pembelajaran di kelas adalah pembelajaran yang menjadikan
peserta didik lebih aktif dan bisa menemukan sendiri konsep yang dipelajari.
Dalam mempelajari matematika, konsep harus dipahami terlebih dahulu agar
dapat menyelesaikan soal-soal yang ada, karena penyelesaian soal-soal
matematika sangat bergantung pada pemahaman konsep. Tetapi kenyataanya
peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi pecahan tidak sesuai yang
diharapkan. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap pemahaman konsep
perkalian dan pembagian pecahan di kelas V SD Gugus II Kecamatan Tanjung
Raya.
Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain yang digunakan Quasi
Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V
SD Gugus II Kecamatan Tanjung Raya, yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah
195 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive
Sampling dan diperoleh kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 17
peserta didik dan kelas VA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 peserta didik.
Instrumen penelitian ini berupa tes essay. Teknik analisis data yang digunakan
adalah t-test dengan taraf signifikan 0,05.
Berdasarkan perhitungan analisis data hasil t-test dengan taraf signifikan 0,05
dan dk= n1 + n2 – 2= 17 + 20 – 2= 35 diperoleh thitung (2,49) dan ttabel
(1,68957). Sehingga thitung>ttabel, dimana 2,49>1,68975. Dengan demikian
maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh model
Discovery Learning terhadap pemahaman konsep perkalian dan pembagian
pecahan di kelas V SD Gugus II Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, pemahaman konsep. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Assariy Ramdhani |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:48 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 07:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16765 |