Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Make A Match pada Pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 09 V Koto Timur Kab. Padang Pariaman

Zainar, Zainar (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Make A Match pada Pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 09 V Koto Timur Kab. Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ZAINAR_1109516_5764_2015.pdf] Text
final_B1_6_ZAINAR_1109516_5764_2015.pdf

Download (501kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh pembelajaran PKn yang bersifat konfensional. Guru masih menggunakan metode ceramah, belum tepatnya model pembelajaran yang digunakan mengakibatkan siswa belum bisa menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, dan menganggap PKn adalah pelajaran yang membosankan sehingga siswa terbiasa pasif dalam belajar yang pada akhirnya hasil belajar rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang mana siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Prosedur penelitian terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 09 V Koto Timur Kab. Padang Pariaman. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan model Cooperative Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan (1) Perencanaan dari 87,5% pada siklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II, (2) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru dari 78,5% pada siklus I meningkat menjadi 95% pada siklus II dan pelaksanaan pembelajaran dari aspek siswa dari 75% pada siklus I meningkat menjadi 93% pada siklus II serta (3) Hasil belajar siswa pada aspek kognitif dari rata-rata 65,37 pada siklus I meningkat menjadi 82,75 pada siklus II, pada aspek afektif dari rata-rata 66,42 pada siklus I meningkat menjadi 80,00 pada siklus II, dan pada aspek psikomotor dari rata-rata 65,47 pada siklus I meningkat menjadi 85.00 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Make A Match, Hasil Belajar, PKn, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:48
Last Modified: 23 Jul 2025 07:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16763

Actions (login required)

View Item
View Item