Bonita, Martha (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran Predict – Observe – Explain (POE) di Kelas V SDN 08 Ulak Karang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MARTHA_BONITA_54284_5482_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_MARTHA_BONITA_54284_5482_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MARTHA_BONITA_54284_5482_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
enelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajara IPA yang selama ini masih cenderung menggunakan metode ceramah saja. Guru belum merangsang pemikiran siswa untuk menimbulkan ide atau gagasan khususnya dalam mengajukan prediksi terhadap suatu peristiwa yang terjadi dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah belum mencapai standar ketuntasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan Model P.O.E di kelas V SDN 08 Ulak Karang Kota Padang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes evaluasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 08 Ulak Karang Selatan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari berbagai aspek yaitu RPP pada siklus I diperoleh rata – rata persentase 78,57% dan meningkat menjadi 91,06% pada siklus II. Hasil pengamatan aspek guru memperoleh rata – rata persentase 79,16% pada siklus I dan meningkat menjadi 95,83% pada siklus II. Hasil pengamtatan aspek siswa siklus I memperoleh rata – rata persentase 79,16% dan meningkat menjadi 95,83% pada siklus II. Hasil belajar siswa siklus I memperoleh rata – rata 71,64 pada siklus II meningkat menjadi 81,99. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model P.O.E dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Model POE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:47 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 07:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16758 |