Zaharni, Zaharni (2015) Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Menggunakan Teknik Brainstorming di kelas V SDN 06 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ZAHARNI_58312_717_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_ZAHARNI_58312_717_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ZAHARNI_58312_717_2016.pdf
Download (755kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru kelas V SDN 06 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman, terungkap bahwa kemampuan siswa dalam berbicara masih rendah, siswa takut dan malu ketika disuruh untuk berbicara dan mengemukakan pendapatnya, hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan guru dalam mengajarkan keterampilan berbicara kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan teknik brainstorming. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas V yang berjumlah 21 orang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2014/2015. Data penelitian ini adalah data perencanaan, pelaksanaan dan hasil peningkatan kemampuan berbicara siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada RPP siklus I adalah 78.57% (baik), aspek guru 75% (cukup), dan aspek siswa 72% (cukup),untuk rekapitulasi penilaian belajar siswa adalah 76.57% (baik). Hasil penelitian siklus II berdasarkan pelaksanaan RPP adalah 92.85% (sangat baik), aspek guru 94% (sangat baik), aspek siswa 91.67% (sangat baik), dan untuk rekapitulasi penilaian proses dan hasil belajar siswa adalah 87.45% (sangat baik). Dari hasil pengamatan dan rekapitulasi nilai yang diperoleh siswa, terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini adalah dengan peningkatan pembelajaran keterampilan berbicara dengan teknik brainstorming dapat tercapai dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara, Teknik Brainstorming, Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Siswa Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:26 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 07:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16751 |