Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN 21 Koto Tuo Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam.

Martawina, Martawina (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN 21 Koto Tuo Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MARTAWINA_56918_4589_2014.pdf] Text
final_B1_6_MARTAWINA_56918_4589_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa pembelajaran masih sering didominasi guru sebagai sumber belajar dan proses pembelajaran yang dilakukan guru belum melibatkan siswa. Hal ini menyebabkan hasil belajar IPA siswa rendah. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah PKP. Masalah penelitian adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan PKP di kelas IV SDN 21 Koto Tuo Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan PKP di kelas IV SDN 21 Koto Tuo Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitiannya guru dan siswa kelas IV SDN 21 Koto Tuo tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dilakukan dalam dua siklus penelitian. Untuk pengumpulan data, diperoleh setelah melaksanakan: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan dengan tahap-tahap PKP, 3) pengamatan pelaksanaan, dan 4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi ditampilkan dalam persentase kemudian dikonversikan menjadi data kualitatif. Hsil penelitian pada pembelajaran IPA dengan PKP menunjukkan peningkatan. Peningkatan hasil penilaian RPP dari siklus I pertemuan 1 sebesar 64,30% (cukup) menjadi 82,14% (sangat baik) pada siklus I pertemuan 2. Pada siklus II penilaian RPP naik menjadi 89,30% (sangat baik). Hasil observasi aktivitas guru siklus I pertemuan 1 diperoleh sebesar 64,29% (cukup) meningkat menjadi 82,14% (baik) pada siklus I pertemuan 2 dan siklus II naik menjadi 89,29% (sangat baik). Hasil pengamatan aktivitas siswa, dari siklus I pertemuan 1 sebesar 60,71% (cukup) naik menjadi 85,71% (sangat baik) pada siklus I pertemuan 2 dan pada siklus II menjadi 96,43% (sangat baik). Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I pertemuan 1 sebesar 71,40% (baik) ke siklus I pertemuan 2 sebesar 74,20% (baik). Pada siklus II, menjadi 80,20% (sangat baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa PKP terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 21 Koto Tuo Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Keterampilan Proses (PKP), Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:26
Last Modified: 25 Jul 2025 02:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16749

Actions (login required)

View Item
View Item