Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi bagi Siswa Kelas IV SDN 20 Lubuk Alung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam.

Putri, Nazmi Eliaka (2013) Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi bagi Siswa Kelas IV SDN 20 Lubuk Alung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NAZMI_ELIAKA_PUTRI_52548_1447_2013.pdf] Text
final_B1_6_NAZMI_ELIAKA_PUTRI_52548_1447_2013.pdf

Download (407kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di kelas 1V SDN 20 Lubuk Alung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam menunjukan bahwa pembelajaran menulis karangan deskripsi kurang diminati siswa, kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi masih rendah. Karena menurut siswa menulis karangan deskripsi itu sulit, kendalanya antara lain sulitnya siswa melukiskan ataupun menggambarkan pikirannya secara luas, sehingga emosi siswa kurang terpancing untuk melukiskan tulisannya kedalam bentuk karangan deskripsi. Dengan penggunaan media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi tersebut diadakan penelitian tindakan kelas.Tujuan penelitian ini yaitu bagaimanakah penggunaan media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi bagi siswa kelas IV SDN 20 Lubuk Alung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses pelitian ini merupakan proses ulang atau siklus yang dimulai dari aspek mengembangkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri atas satu kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012 di SDN 20 Lubuk Alung Kecamatan Ampek Nagari dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV SDN 20 terteliti. Penelitian dengan penggunaan media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi. Ketuntasan yang diperoleh siswa pada siklus I pada saat pramenulis mencapai rata-rata 62 pada siklus II menjadi 76, pada saat menulis siklus I mencapai rata-rata 60 pada siklus II menjadi 75 dan pada pasca menulis siklius I mencapai rata-rata 60 pada siklus II menjadi 78. Melihat hasil penelitian ini, terbukti pengunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Menulis Deskripsi, Keterampilan Menulis, Kelas IV, SD Negeri 20 Lubuk Alung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:26
Last Modified: 25 Jul 2025 02:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16746

Actions (login required)

View Item
View Item