Ananda, Novebria (2021) Analisis Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_NOVEBRIA_ANANDA_1300840_743_2021.pdf [thumbnail of B1_01_NOVEBRIA_ANANDA_1300840_743_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_NOVEBRIA_ANANDA_1300840_743_2021.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ada dua. Pertama, mendeskripsikan struktur teks laporan
hasil observasi karya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Solok. Kedua, mendeskripsikan
ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi karya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Solok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Latar
penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Solok, tepatnya di kelas VII.2. Data dalam
penelitian ini adalah struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi yang
ditulis oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Solok. Sumber data dalam penelitian ini
adalah teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Solok yang ditulis
oleh siswa kelas VII.2 berjumlah dua puluh teks. Instrumen dalam penelitian ini adalah
peneliti sendiri. Data dianalisis dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas
data berdasarkan teori.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan dua hal. Pertama, pada teks laporan hasil
observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Solok ditemukan tiga struktur teks laporan
hasil observasi, yaitu definisi umum, deskripsi bagian, dan kesimpulan. Dari dua puluh
teks laporan hasil observasi yang dianalisis, ditemukan lima belas teks laporan hasil
observasi sudah memiliki struktur definisi umum, deskripsi bagian, dan kesimpulan
dan lima teks lainnya tidak memilki struktur teks laporan hasil observasi dengan
lengkap. Kedua, pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Solok,
umumnya siswa sudah menggunakan keempat ciri kebahasaan teks laporan hasil
observasi. Keempat ciri kebahasaan tersebut, yaitu pronomina, konjungsi, kalimat
definisi, dan repetisi. Hal tersebut terbukti dari dua puluh teks yang telah dianalisis
ditemukan empat belas teks telah menggunakan keempat ciri kebahasaan teks laporan
hasil observasi secara lengkap dan tujuhteks lainnya belum menggunakan ciri
kebahasaan dengan lengkap. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
bahwa struktur dan ciri kebahasaan pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII
SMP Negeri 2 Solok sudah baik. Hal tersebut dapat dilihat dari dua puluh teks laporan
hasil observasi yang dianalisis, lima belas teks laporan hasil observasi sudah memiliki
struktur yang lengkap dan dari dua puluh teks laporan hasil observasi yang dianalisis,
empat belas teks telah menggunakan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
dengan lengkap.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 07:14 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1674 |