Martatutisna, Martatutisna (2012) Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kelas IV SD N 14 Gurun Laweh Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MARTATUTISNA_09475_3588_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_MARTATUTISNA_09475_3588_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MARTATUTISNA_09475_3588_2012.pdf
Download (421kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV SD Negeri14 Gurun Laweh. Hal ini disebabkan karena pembelajaran terkesan berpusat pada guru, siswa tidak terlibat langsung dalam pembelajaran dan pada saat ulangan harian guru tidak mendapatkan hasil yang memuaskan, oleh sebab itu nilai yang diperoleh siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 14 Gurun Laweh Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan pencatatan lapangan, observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian dengan menggunakan metode CTL menunjukan bahwa berdasarkan penilaian RPP siklus I 75% dan Siklus II 95%. Pelaksanaan Pembelajaran IPA siklus I : 71,15%, Siklus II: 88,46%. Hasil penilaian menunjukan bahwa ada peningkatan nilai hasil belajar siswa Siklus I :73,08%, Siklus II : 90,38%. Hal ini menunjukan bahwa taraf keberhasilan aktivitas siswa selama dalam kegiatan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual teaching and learning) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran IPA, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:26 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16739 |