Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Script di Kelas IV SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi

Rahmi, Nazhifah (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Script di Kelas IV SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NAZHIFAH_RAHMI_18129070_2989_2022.pdf] Text
final_B1_6_NAZHIFAH_RAHMI_18129070_2989_2022.pdf

Download (620kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi belum terlaksana dengan sebagaimana mestinya sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Script di kelas IV SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022 dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta peserta didik di kelas IV sebanyak 18 orang, yang terdiri dari 8 orang laku-laki dan 10 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 81% (B), meningkat pada siklus II menjadi 94% (SB). Nilai aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata 82% (B), meningkat pada siklus II menjadi 94% (SB). Nilai aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 81% (B), meningkat pada siklus II menjadi 94% (SB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 78% (C), meningkat pada siklus II menjadi 86% (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Script dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Model Kooperatif Tipe Script
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:25
Last Modified: 23 Jul 2025 07:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16738

Actions (login required)

View Item
View Item