Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas Iv SDN 06 Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman

Marta, Marta (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas Iv SDN 06 Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MARTA_1209571_1959_2016.pdf] Text
final_B1_6_MARTA_1209571_1959_2016.pdf

Download (908kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 06 Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman. Hal ini karena pembelajaran dalam bentuk diskusi kelompok belum terlaksana, guru cendrung lebih banyak menceramahi siswa dalam menyajikan materi pelajaran. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui penggunaan model Cooperatif Learning tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action recearch) dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 06 Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan (observasi), dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada : a) RPP siklus I adalah 85,5% meningkat pada siklus II menjadi 94%. b) pelaksanaan dari aspek guru siklus I adalah 81,5% meningkat pada siklus II menjadi 95% c) pelaksanaan dari aspek siswa siklus I adalah 77% meningkat pada siklus II menjadi 91%. Hasil belajar kognitif pada siklus I adalah 73,75 meningkat, siklus II menjadi 80,25, hasil belajar afektif siklus I adalah 70,65 meningkat, siklus II menjadi 89,15, dan hasil belajar psikomotor siklus I adalah 69,5 meningkat, siklus II menjadi 81,4, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa secara keseluruhan pada siklus I mencapai 71,3 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,6, dengan demikian model pembelajaran tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:24
Last Modified: 23 Jul 2025 07:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16727

Actions (login required)

View Item
View Item