Operma, Sukron (2022) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi MOLE-AR (Mobile Learning-Augmented Reality) Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X SMA Negeri 2 Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SUKRON_OPERMA_18045063_1236_2022.pdf [thumbnail of B1_01_SUKRON_OPERMA_18045063_1236_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SUKRON_OPERMA_18045063_1236_2022.pdf
Download (8MB)
Abstract
Perkembangan teknologi pada saat ini sudah membawa perubahan yang
sangat besar terhadap semua bidang, salah satunya pada dunia pendidikan.
Pentingnya pemanfaatan teknologi pada proses pembelajaran sudah seharusnya
diterapkan secara merata di seluruh sekolah agar proses pembelajaran interaktif
sehingga siswa dapat aktif dalam pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi
dalam pembelajaran adalah munculnya sebuah aplikasi MOLE-AR (Mobile
Learning-Augmented Reality) sebagai media pembelajaran yang interaktif. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran
aplikasi MOLE-AR terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Geografi Kelas X
di SMA Negeri 2 Kerinci.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian eksperimen, populasi penelitian ini adalah kelas X dengan menggunakan
teknik cluster sampling, sampel penelitiannya adalah kelas XB dan XC SMA
Negeri 2 Kerinci. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control
group design. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode
wawancara untuk studi awal, dan metode tes untuk mengumpulkan data hasil
belajar siswa. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda (uji t) yang
dilakukan untuk mengukur perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran
aplikasi MOLE-AR dan media pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian. Pertama, pengaruh penggunaan media
pembelajaran aplikasi MOLE-AR lebih baik dibandingkan dengan media
pembelajaran konvensional, dengan hasil uji beda Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang
mana lebih kecil dari 0,05. Kedua, nilai gain tingkat efektivitas dari media
pembelajaran yang digunakan, media pembelajaran aplikasi MOLE-AR mendapat
nilai gain 0,71 yang tergolong “cukup efektif”. Sedangkan media pembelajaran
konvensional mendapatkan nilai gain 0,35 yang tergolong “tidak efektif”. Hal ini
menguatkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik dalam penggunaan media
pembelajaran aplikasi MOLE-AR dibandingkan penggunaan media pembelajaran
konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16711 |