Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 05 Kecamatan Pariaman Tengah Kota pariaman

Nasrio, Narkho (2012) Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 05 Kecamatan Pariaman Tengah Kota pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NARKHO_NASRIO_93511_1347_2012.pdf] Text
final_B1_6_NARKHO_NASRIO_93511_1347_2012.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN 05 Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariama, guru kelas IV dalam mengajarkan pembelajaran PKn belum terlaksana dengan baik. Guru masih belum menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang tepat. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran PKn melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning tipe NHT. Pendekatan Cooperative Learning tipe NHT adalah suatu model pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada siswa bahkan juga mendidik agar siswa mau menerima dan bersosialisasi dalam kelompok yang heterogen. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, penggunaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning tipe NHT pada pembelajaran PKn dengan materi sikap terhadap pengaruh globalisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD terteliti yang berjumlah 24 orang. Hasil penilaian RPP pada siklus I 94,64. Penilaian RPP pada siklus II 96,42. Pada siklus I, penilaian dari segi tindakan guru adalah 90, dan siklus II adalah 98,75. Dari segi aktivitas siswa, pada siklus I adalah 71,25. Sedangkan pada siklus II memiliki rata-rata 95. Dari hasil belajar siswa, pada siklus I mempunyai rata-rata 43,75. Sedangkan pada siklus II rata-rata 85,41. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Sikap Terhadap Pengaruh Globalisasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Numbered Head Together, Hasil Belajar, PKn, Kelas IV
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:22
Last Modified: 23 Jul 2025 07:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16709

Actions (login required)

View Item
View Item