Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) di kelas V SDN 28 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Oktavia, Rani (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) di kelas V SDN 28 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RANI_OKTAVIA_52444_1979_2016.pdf] Text
final_B1_6_RANI_OKTAVIA_52444_1979_2016.pdf

Download (844kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa ditandai siswa belum mampu memecahkan masalah yang ada dalam kehidupan sehari – hari. Siswa hanya menguasai pengetahuan saja sedangkan aspek sikap dan keterampilan rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dikelas V SDN 28 Parit Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dimana subjek dalam penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas V SDN 28 Parit Panjang yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan RPP dari siklus I 73,21 % meningkat menjadi 92,05%. Pelaksanaan pembelajaran dari aktifitas guru pada siklus I 70,19 % meningkat menjadi 94,15% pada siklus II. Dari aktifitas siswa siklus I 68,27% meningkat menjadi 82,47% pada siklus II. Hasil belajar siswa siklus I 66,44 meningkat menjadi 74,91.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Kewarganegaraan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:22
Last Modified: 23 Jul 2025 07:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16706

Actions (login required)

View Item
View Item