Modul Pembelajaran pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik (IPL)

Gunawan, Indra (2019) Modul Pembelajaran pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik (IPL). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_INDRA_GUNAWAN_17063131_2019.pdf] Text
B1_5_INDRA_GUNAWAN_17063131_2019.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran masih berpusat pada Guru dan ketersediaan bahan ajar yang minim di perpustakaan khususnya untuk bidang keahlian TITL. Akibat kurangnya bahan ajar mempengaruhi minat dan motivasi siswa, sehingga tidak tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal, hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu diperlukan pengembangan modul pembelajaran yang dirancang agar dapat membantu siswa belajar secara mandiri dengan kecepatan dan kemampuannya sendiri.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik (IPL) yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan 4D model (Define, Design, Develop, dan Dessiminate). Subjek penelitian adalah modul pembelajaran IPL dengan kompetensi dasar menentukan komponen instalasi lampu penerangan pada bangunan sederhana. Validator ahli mengakui modul pembelajaran IPL berkategori valid untuk diterapkan.
Responden yang terdiri dari guru dan siswa kelas XI TITL pada uji praktikalitas juga menyatakan bahwa modul pembelajaran IPL adalah praktis. Uji keefektifitasan didapat dari ketuntasan hasil belajar siswa, hasil posttest dari 21 siswa yang telah lulus di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah sebanyak 18 siswa dan 3 orang siswa dengan nilai di bawah KKM. Diperoleh ketuntasan siswa sebesar 86 % dengan kategori efektif. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPL adalah valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses belajar mengajar untuk Instalasi Penerangan Listrik. Karena bisa mendorong minat belajar siswa sehingga berdampak dalam peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODUL PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:22
Last Modified: 23 Jul 2025 07:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16705

Actions (login required)

View Item
View Item