Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SDN 18 Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman

Sandra, Nani (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SDN 18 Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NANI_SANDRA_50568_5790_2013.pdf] Text
final_B1_6_NANI_SANDRA_50568_5790_2013.pdf

Download (462kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas IV SDN 18 Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran IPS dan materi yang disampaikan tidak terserap dengan baik sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah, hal ini dikarenakan guru lebih sering menggunakan metode ceramah, guru menyampaikan materi secara klasikal, guru kurang memberikan variasi dengan model pembelajran lain. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Problem solving di kelas IV SDN 18 Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Dimana peneliti bertindak sebagai praktisi dalam melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas dan berkolaborasi dengan guru kelas. Perancangan penelitian meliputi : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan , 4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 18 Karan Aur kecamatan Pariaman Tengah KotaPariaman yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi. Hasil belajar penelitian terlihat dari tiga aspek dan penilaian RPP serta aktivitas guru dan siswa masing-masing nilai rata-rata dalam pertemuan sebagai berikut: diaspek kognitif pada siklus I pertemuan I dan II : 7,1 dan 7,6, pada siklus II pertemuan I dan II terjadi peningkatan: 7,7 dan 8,7. Dari aspek afektif siklus I pertemuan I dan II :6,9 dan 7,5 pada siklus II terjadi peningkatan pertemuan I dan II: 8,2 dan 8,5. Dari aspek psikomotor siklus I pertemuan I dan II: 7,1dan 7,5 pada siklus II terjadi peningkatan pertemuan I dan II: 8,1 dan 8,4. Penilaian RPP pada siklus I pertemuan I dan II: 78% dan 84% sedangkan siklus II pertemuan I dan II:91% dan 94%, aktivitas guru siklus I pertemuan I dan II:69% dan 75% serta pada siklus II pertemuan I dan II:86% dan 94%, di aktivitas siswa siklus I pertemuan I dan II: 66% dan 74% serta siklus II pertemuan I dan II: 88% dan 95%. Pada siklus II hasil belajar yang dicapai lebih baik, setelah dilakukan perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian maka penggunaan metode Problem Solving dapat digunakan sebai referensi dalam pelaksanaan pembelajaran.ningkatan Hasil Belajar Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SDN 18 Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah Kota PariamanSiswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SDN 18 Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Problem Solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:21
Last Modified: 23 Jul 2025 07:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16702

Actions (login required)

View Item
View Item