Kusniati, Rani (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas IV SDN 01 Padang Sago Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RANI_KUSNIATI_57189_5086_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_RANI_KUSNIATI_57189_5086_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RANI_KUSNIATI_57189_5086_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA terutama pada materi Panca Indera dan untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya digunakan pendekatan inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar IPA pada materi Panca Indera. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Data penelitian berupa data rencana pembelajaran, data aktivitas guru data aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa yang berjumlah 20 orang siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian siklus I pada RPP 80,5% dengan kualifikasi baik, k siklus II 92,8% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas guru siklus I 77% dengan kualifikasi cukup, dan aktivitas siswa 70,9% dengan kualifikasi cukup. Siklus II aktivitas guru 91,7% dengan kualifikasi sangat baik dan aktivitas siswa 83,3% dengan kualifikasi baik. Pada siklus I hasil belajar siswa rata-rata 71,08 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,6. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Panca Indera di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:21 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 07:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16701 |