Hartati, Tiwi (2013) Nilai-nilai Pendidikan dalam Pembelajaran Ansambel Recorder. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_TIWI_HARTATI_1107974_3015_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_TIWI_HARTATI_1107974_3015_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_TIWI_HARTATI_1107974_3015_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menngungkapkan dan menjelaskan manfaat ansambel recorder di MTsN Tanjung Raya Kabupaten Agam terhadap pendidikan. Di mana permainan ansambel ditelusuri dari aspek manfaat, yang dihubungkan dengan nilai-nilainya dari aspek pendidikan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Data diperoleh dengan pengamatan langsung dan wawancara, teknik tes dan angket tidak diperlukan dalam penelitian ini. Data dianalisis berdasarkan fenomena yang terjadi dalam permainan ansambel recorder, dengan menafsir hubungan antara fenomena yang terjadi di dalam permainan ansambel tersebut dengan dihubungkan dengan manfaatnya dalam pendidikan.
Hasil penelitian menunjukan, bahwa di dalam permainan ansambel terdapat aspek-aspek pendidikan sikap dan prilaku bagi siswa MTsn Tanjung Raya. Dengan adanya pembelajran ekstrakurikuler ansambel recorder, maka permainan ansambel recorder mampu menghasilkan manfaat untuk mendidik sikap dan prilaku siswa dalam bekerjasama, kepatuhan dan ketaatan, bertanggungjawab, kedisiplinan, dan bersikap konsisten dalam berbuat dan bertindak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan, Pembelajaran Ansambel, Pembelajaran Ansambel Recorder, MTsN Tanjung Raya. |
Subjects: | L Education > L Education (General) M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 06:31 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16694 |