Sumarni, Titin (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SD 04 Rawa Mulya Mukomuko. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_TITIN_SUMARNI_1108375_4796_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_TITIN_SUMARNI_1108375_4796_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_TITIN_SUMARNI_1108375_4796_2014.pdf
Download (397kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dikelas IV SD sehingga standar ketuntasan dalam pembelajaran IPA yang diinginkan belum tercapai. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran guru tidak menggali pengetahuan atau pengalaman yang telah dimiliki siswa sebelumnya sebagai dasar untuk menyampaikan materi pelajaran. Menyikapi kenyataan diatas, perlu diadakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dikelas IV SDN 04 Rawa Mulya Mukomuko.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan kualitatif berupa data yang berbentuk kalimat sedangkan pendekatan kuantitatif berupa data yang berbentuk angka. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tahap-tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD 04 Rawa mulya sebanyak 29 orang.
Hasil penelitian pada setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian RPP pada siklus I yaitu 73,25% (B) meningkat pada siklus II 89.3% (SB), aspek guru pada siklus I 70% (B) meningkat pada siklus II 88,75% (SB), pada aspek siswa siklus I 71,25% (B) meningkat pada siklus II 87,5% (SB) dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 69,0(C) meningkat menjadi 84,1 (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, IPA, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 06:31 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16693 |