Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Strategi Peta Konsep bagi Siswa Kelas V SD Negeri 04 Rantih Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto

Sundari, Titik (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Strategi Peta Konsep bagi Siswa Kelas V SD Negeri 04 Rantih Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TITIK SUNDARI_09896_09896_2012.pdf] Text
final_B1_6_TITIK SUNDARI_09896_09896_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti di SD Negeri 04 Rantih, dalam mengajarkan menulis masih rendah, sehingga siswa kurang mampu menuliskan kembali peristiwa yang pernah dialami, dilihat, dan didengar dengan bahasa yang runtut, baik dan benar. Untuk itu peneliti tertarik memperbaiki proses pembelajaran menulis khususnya pada kompetensi dasar menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan dan penggunaan ejaan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini menggunakan Strategi Peta Konsep.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan subjek peneliti siswa kelas V yang berjumlah 8 orang, yang terdiri dari 3 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Waktu penelitian pada semester 1 tahun ajaran 2011/2012. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian tindakan kelas menggunakan spiral refleksi dimulai dari rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini melakukan 2 siklus, masing-masing siklus saling berkaitan.
Berdasarkan hasil penelitian siklus I hasil yang diperoleh siswa pada tahap prapenulisan mencapai rata-rata 64%, pada tahap penulisan mencapai rata-rata 61,4%, dan tahap pascapenulisan mencapai rata-rata 79%, setelah diadakan perbaikan pada siklus II jumlah nilai siswa meningkat pada tahap prapenulisan mencapai rata-rata 75%, pada tahap penulisan mencapai rata-rata 76,5%, dan pada tahap pascapenulisan mencapai rata-rata 88,5%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi peta konsep dapat hasil belajar siswa dalam menulis narasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Menulis, Strategi Peta Konsep, Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:31
Last Modified: 25 Jul 2025 02:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16690

Actions (login required)

View Item
View Item