Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Keterampilan Proses Sains di Kelas V SD Negeri 44 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang

Sriyanti, Titi (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Keterampilan Proses Sains di Kelas V SD Negeri 44 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TITI_SRIYANTI_1108310_473_2016.pdf] Text
final_B1_6_TITI_SRIYANTI_1108310_473_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 44 Kalumbuk yang disebabkan oleh guru masih menggunakan metode secara konvensional yaitu dalam proses pembelajaran IPA guru mendominankan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Sains. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan 3 kali pertemuan. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes sedangkan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 44 Kalumbuk.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Peningkatan dapat dilihat dari: (1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran siklus I perolehan nilai rata-rata adalah 80,4% dengan kriteria B dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 92,9% dengan kriteria SB, (2) Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I perolehan nilai rata-rata adalah 75,0% dengan kriteria B dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 89,3% dengan kriteria SB, pelaksanaan aspek siswa siklus I perolehan nilai rata-rata adalah 71,5% dengan kriteria C dan pada siklus II meningkat menjadi 82,1% dengan kriteria B, dan (3) Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata adalah 75,0% dengan kriteria B dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 87,6% dengan kriteria SB. Dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, IPA, Keterampilan Proses Sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:31
Last Modified: 23 Jul 2025 06:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16689

Actions (login required)

View Item
View Item