Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasiskan Small Office Networking dalam Pembelajaran Fisika di Kelas X SMAN 2 Padang

Indra, Indra (2012) Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasiskan Small Office Networking dalam Pembelajaran Fisika di Kelas X SMAN 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_INDRA_46754_905_2012.pdf] Text
B1_5_INDRA_46754_905_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini beranjak dari kenyataan bahwa masih banyak cara yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi masalah minimnya bahan ajar yang dapat menarik minat siswa. Agar proses pembelajaran fisika jadi lebih menarik, maka digunakanlah bahan ajar berbasiskan small office networking yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar berbasiskan “small office networking” dalam pembelajaran fisika di kelas X SMAN 2 Padang. Hipotesis penelitian adalah “Terdapat pengaruh yang berarti penggunaan bahan ajar berbasiskan small office networking dalam pembelajaran fisika di kelas X SMAN 2 Padang”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomize control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 2 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011 yaitu sebanyak 9 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, dan terpilih kelas X7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X8 sebagai kelas kontrol.
Data hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar pada ranah kognitif kelas eksperimen adalah 72,13 dan kelas kontrol adalah 63,53 untuk melihat keberartian perbedaan dilakukan uji kesamaan dua rata-rata (uji t’) dan diperoleh harga t’= 3,58 dan harga ttabel = 2,03 pada taraf nyata 0,05. Pada ranah afektif kelas eksperimen adalah 82 dan kelas kontrol adalah 72 untuk melihat keberartian perbedaan dilakukan uji kesamaan dua rata-rata (uji t’) dan diperoleh harga t’= 4 dan harga ttabel = 2,05 pada taraf nyata 0,05. Pada ranah psikomotor kelas eksperimen adalah 73,41 dan kelas kontrol adalah 72,19 untuk melihat keberartian perbedaan dilakukan uji kesamaan dua rata-rata (uji t) dan diperoleh harga t = 1,1041 dan harga ttabel= 1,67 pada taraf nyata 0,05. Untuk hasil belajar pada ranah kognitif dan afektif menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar fisika kedua kelas sampel memiliki perbedaan yang berarti sedangkan pada ranah psikomotor tidak terdapat perbedaan yang berarti dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar berbasiskan small office networking dalam pembelajaran fisika di kelas X SMAN 2 padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SMALL OFFICE NETWORKING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 23 Jul 2025 05:10
Last Modified: 23 Jul 2025 05:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16687

Actions (login required)

View Item
View Item