Yuli, Syafni Sukma (2014) Perbedaan Peran Keluarga Utuh dan Keluarga Tidak Utuh terhadap Kegitan Belajar: Studi terhadap Siswa SMA Negeri 1 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SYAFNI_SUKMA_YULI_96115_703_2014.pdf [thumbnail of B1_5_SYAFNI_SUKMA_YULI_96115_703_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SYAFNI_SUKMA_YULI_96115_703_2014.pdf
Download (574kB)
Abstract
Keluarga merupakan lingkungan pertama yang mempengaruhi kegiatanbelajar anak. Peran keluarga yaitu memberikan perhatian, membantu anakmengatasi belajar kesulitan dalam belajar, memberikan motivasi dan menyediakansarana dan prasarana belajar. Kegiatan belajar merupakan kegiatan utama yangharus dilakukan siswa. Kegiatan belajar yaitu kegiatan belajar yang dilakukansiswa di rumah. Penelitian ini beranjak dari fenomena bahwa orangtua jarangbertanya kepada anak mengenai aktifitas anak di sekolah baik itu mengenaipersiapan belajar (mencakup mempelajari catatan yang lalu, mempersiapkan fisik,membaca bahan pelajaran dan mempersiapkan alat belajar), proses belajar,kegiatan setelah belajar dan hasil belajar yang diperoleh anak. Penelitian inibertujuan untuk mengungkapkan bagaimana perbedaan peran keluarga utuh dankeluarga tidak utuh terhadap kegiatan belajar siswa SMAN 1 Painan ketika beradadi rumah.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Subjekpenelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Painan yang terdaftar pada tahunpelajaran 2012/2013 dengan jumlah 60 orang siswa. Data penelitian dikumpulkandengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknikanalisis persentase dan untuk menguji perbedaan digunakan rumus statistikparametrik yaitu uji t.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa 1) Keluarga utuh memilikiperanan yang baik terhadap kegiatan belajar siswa meliputi memberikanperhatian, membantu anak mengatasi kesulitan belajar, memberikan motivasi danmenyediakan sarana prasarana belajar anak, 2) keluarga tidak utuh memilikiperanan yang cukup baik terhadap kegiatan belajar siswa, 3) terdapat perbedaanantara peran keluarga utuh dan keluarga tidak utuh terhadap kegiatan belajar siswaSMAN 1 Painan di rumah yaitu pada taraf signifikansi (Sig=0.042).Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada orangtua keluargautuh dan keluarga tidak utuh disarankan dapat meningkatkan peranannya dalambelajar anak diantaranya menanyakan tugas yang diberikan oleh guru di sekolah,dan membantu anak mengatasi kesulitan yang ditemui dalam belajar, dan kepadaguru BK dan pihak sekolah agar dapat membina kerjasama dengan orangtua dankeluarga siswa untuk meningkatkan peranan keluarga dalam membina kegiatanbelajar siswa di rumah sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar yangtinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KELUARGA, BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 05:22 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 05:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16680 |