Utami, Indah Sosia (2013) Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Buzz Group dalam Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Hasil Belajar IPA Fisika di Kelas VII SMPN 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_INDAH_SOSIA_UTAMI_05055_597_2013.pdf [thumbnail of B1_5_INDAH_SOSIA_UTAMI_05055_597_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_INDAH_SOSIA_UTAMI_05055_597_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan pembelajaran fisika di sekolah,
dimana siswa belum memiliki keterampilan dalam pemecahan masalah. Siswa
terlihat bingung apabila dihadapkan dengan suatu masalah, baik secara individu
maupun berkelompok. Akibatnya pembelajaran menjadi tidak maksimal dan hal
tersebut berdampak terhadap hasil belajar siswa. Hal ini memerlukan penerapan
model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam
memecahkan masalah, yaitu model pembelajaran Problem Based Instruction
(PBI). Namun dalam pelaksanaannya, model PBI memerlukan waktu yang lama.
Oleh sebab itu, perlu diterapkan metode yang dapat mengatasi masalah tersebut,
yaitunya metode diskusi Buzz Group. Selain itu, metode ini juga dapat mendorong
individu yang malu-malu untuk memberikan sumbangan pemikiran dan
menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar fisika. Metode diskusi Buzz Group dalam model pembelajaran Problem
Based Instruction (PBI) dapat digunakan untuk menjawab harapan-harapan di
atas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode
diskusi Buzz Group terhadap hasil belajar fisika siswa dalam model pembelajaran
Problem Based Instruction (PBI) kelas VII SMPN 1 IV Jurai.
Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan rancangan
randomized control group only design. Populasi adalah siswa kelas VII SMPN 1
IV Jurai yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel
menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel adalah kelas VII1 sebagai
kelas kontrol dan kelas VII3 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian adalah
hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Instrumen penelitian
adalah tes hasil belajar pada ranah kognitif, lembar observasi pada ranah afektif
dan rubrik penskoran pada ranah psikomotor.
Hasil penelitian adalah hasil belajar rata-rata pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Hasil belajar rata-rata pada ranah kognitif adalah 76,73 pada kelas
eksperimen dan 70,55 pada kelas kontrol. Selanjutnya hasil belajar rata-rata pada
ranah afektif adalah 79,56 pada kelas eksperimen dan 73,54 pada kelas kontrol.
Lebih lanjut hasil belajar rata-rata pada ranah psikomotor adalah 74,32 pada kelas
eksperimen dan 69,30 pada kelas kontrol. Setelah dilakukan uji t terhadap kedua
kelompok sampel didapatkan thitung = 2,17 lebih besar dari ttabel = 2,00 pada ranah
kognitif. Selanjutnya didapatkan thitung = 2,21 lebih besar dari ttabel = 2,00 pada
ranah afektif. Lebih lanjut didapatkan thitung = 2,10 lebih besar dari ttabel = 2,00
pada ranah psikomotor. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan
terdapat pengaruh yang berarti penerapan metode diskusi Buzz Group terhadap
hasil belajar fisika siswa dalam model pembelajaran Problem Based Instruction
(PBI) kelas VII SMPN 1 IV Jurai dapat diterima pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DISKUSI BUZZ GROUP |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 05:10 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 05:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16679 |