Maret, Marsal (2012) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas V SDN 13 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MARSAL_MARET_56744_588_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_MARSAL_MARET_56744_588_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MARSAL_MARET_56744_588_2013.pdf
Download (729kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjumlahan bilangan bulat yang masih rendah. Siswa belum membangun sendiri pengetahuannya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang telah ada sebelumnya sehingga standar ketuntasan belajar yang ditetapkan dalam pembelajaran Matematika belum tercapai yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme di Kelas V SDN 13 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian ini merupakan proses pembelajaran yang dimulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data adalah perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa. Subjek peneliti adalah guru (observer), peneliti (praktisi) dan siswa kelas V yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat bahwa hasil penilaian RPP, hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Penilaian RPP pada siklus I 84,72% meningkat pada siklus II menjadi 94,45%. Penilaian aktivitas guru meningkat dari 73,08% menjadi 89,06%, begitu juga dari aspek siswa meningkat dari 73,05% menjadi 85,93%. Hasil belajar siswa meningkat dari 73,76 pada siklus I menjadi 82,68 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 13 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penjumlahan Bilangan Bulat, Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 05:08 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 05:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16672 |