Tambunan, Marolop (2012) Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Siswa dengan Metode Demostrasi Berbantuan Gitar pada Pelajaran Seni Musik di Kelas VIII-C SMP Negeri 4 Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MAROLOP_TAMBUNAN_57474_2857_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_MAROLOP_TAMBUNAN_57474_2857_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MAROLOP_TAMBUNAN_57474_2857_2012.pdf
Download (205kB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu menjelaskan peningkatan kemampuan bernyanyi siswa dengan metode demostrasi berbantuan gitar pada pelajaran seni musik di kelas VIII-C SMP Negeri 4 Kota Bukittinggi. Selanjutnya kajian teori yang digunakan untuk menjelaskan permasalahan penelitian adalah: (1) Pendidikan, Belajar, dan Pembelajaran; (2) Pembelajaran Seni dan Budaya dengan KTSP; (3) Metode Pembelajaran Demonstrasi dalam Pelajaran Seni Musik; (4) Mengekspresikan Lagu Nusantara dengan Bernyanyi Berbantuan Gitar; dan (5) Pembelajaran Seni Musik di Sekolah; (a) Pengertian Pembelajaran Seni Musik; (b) Pembelajaran Bernyanyi; (c) Dasar-dasar Teknik Bernyanyi; (d) Teknik Vokal. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sumber data bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Sedangkan kelas penelitian yang dipakai sebagai objek penelitian adalah siswa pada kelas VIII-C SMP Negeri 4 Kota Bukittinggi yang berjumlah 33 orang, yang belajar seni musik (Seni Budaya) pada semester ke-2 Tahun pelajaran 2010/2011. Instrumen penelitian adalah penelit sendiri, ditambah dengan intrumen observasi penilaian dan dokumentasi. Hasil penelitian yang terbagi dalam dua siklus penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama belum terlihat peningkatan hasil belajar yang begitu berarti, karena dari 33 orang siswa yang belajar vokal yang kemampuan bernyanyinya diuji, hanya 8 orang dinilai baik; 6 orang dinilai cukup; 9 orang yang dinilai kurang, dan 9 orang yang dinilai belum mampu. Berdasarkan hasil rekomendasi pada tahapan refleksi pada siklus I penelitian disputuskan untuk melanjutkan penelitian pada siklus II. Dengan melakukan perubahan cara mengajar dan cara menilai pada tatap muka di siklus II terlihatlah hasil belajar kemampuan siswa yang cukup berati, yaitu:12 orang dinilai baik; 8 orang dinilai cukup; 6 orang dinilai kurang, dan 7 orang yang dinilai belum mampu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menerapkan iringan gitar pada kegiatan bernyanyi dan diaplikasi pula pada metode demonstrasi, telah menimbulkan suaana belajar yang lebih baik dengan peningkatan hasil belajar kemampuan bernyanyi siswa yang lebih baik pula.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Kemampuan Bernyanyi, Pembelajaran Seni Musik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 05:06 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 05:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16668 |