Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E Berbantukan LKS Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Ampek Angkek Kabupaten Agam

Gustia, Rani (2012) Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E Berbantukan LKS Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RANI GUSTIA_05043.pdf] Text
final_B1_6_RANI GUSTIA_05043.pdf

Download (444kB)

Abstract

Rendahnya pencapaian kompetensi IPA fisika siswa salah satunya disebabkan oleh faktor keaktifan siswa yang masih kurang dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari sikap siswa yang lebih memilih untuk duduk diam sambil mendengarkan penjelasan guru, belum ada keberanian dari siswa untuk mencoba memberikan penjelasan atau pemikiran sendiri terhadap konsep yang dipelajari. Salah satu solusi alternalif dari permasalahan ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E, yang mana model ini mengiring siswa untuk menemukan konsep yang akan dipelajari secara mandiri dengan jalan berperan aktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantukan LKS terhadap pencapaian kompetensi IPA fisika siswa kelas VIII SMPN 2 Ampek Angkek Kabupaten Agam Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Ampek Angkek yang terdaftar pada semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling dan terpilih kelas sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian pada ranah kognitif dilakukan melalui tes hasil belajar, pada ranah afektif diperoleh dari lembar observasi dan pada ranah psikomotor diperoleh dari rubrik penskoran. Teknik analisis data pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data dapat dinyatakan, nilai rata-rata tes akhir pada ranah kognitif di kelas eksperimen adalah 74,49 dan di kelas kontrol adalah 69,99. Nilai rata-rata ranah afektif di kelas eksperimen adalah 79 dan di kelas kontrol adalah 73,64. Nilai rata-rata ranah psikomotor pada kelas eksperimen adalah 76,09 dan di kelas kontrol adalah 71. Setelah dilakukan uji t, pada ranah kognitif diperoleh t dan t tabel hitung = 2,24 dan t tabel = 2,02. Pada ranah afektif diperoleh t = 2,02. Pada ranah psikomotor diperoleh t hitung = 2,35 dan t = 2,02. Dari nilai t hitung ketiga ranah tersebut terlihat t berada diluar daerah penerimaan Ho. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah setelah dilakukan analisis data melalui uji t dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang berarti penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantukan LKS terhadap pencapaian kompetensi IPA fisika siswa kelas VIII SMPN 2 Ampek Angkek Kabupaten Agam dapat diterima pada taraf nyata 0,05 hitung hitung tabel = 2,29

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh,Kompetensi
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 23 Jul 2025 05:06
Last Modified: 23 Jul 2025 05:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16666

Actions (login required)

View Item
View Item