Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw di kelas V SDN 13 Pelangai Kecil Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan.

Yasra, Marni (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw di kelas V SDN 13 Pelangai Kecil Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MARNI_YASRA_1108370_3741_2013.pdf] Text
final_B1_6_MARNI_YASRA_1108370_3741_2013.pdf

Download (646kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa guru kelas V SD mengajarkan IPS masih dengan cara yang sama seperti ceramah dengan arti kata pembelajaran berfokus pada guru dan siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah dan belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan dengan pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan pelaksanaan pembelajaran, bagaimana pelaksanaan pembelajaran, dan bagaimana penilaian pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 13 Pelangai Kecil Kecamatan Ranah Pesisir yang berjumlah 12 orang. Teknik penilaian yang digunakan adalah penilaian proses dan hasil. Teknik analisisnya adalah observasi dan hasil tes akhir. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Hasil penelitian mengungkapakan bahwa perencanaan pembelajaran memperoleh hasil siklus I rata-rata 76,5 % dan siklus II 93 %, pada aktivitas guru siklus I rata-rata 83 % dan siklus II 94 %, dan pada aktifitas siswa siklus I rata-rata 77,5 % dan siklus II 94 %. Pada siklus I pertemuan I nilai yang diperoleh dengan rata-rata 63,9, pertemuan II rata-rata 67,7 dan meningkat pada siklus II dengan nilai 77,4. Jadi dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 13 Pelangai Kecil Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Tipe Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 05:06
Last Modified: 25 Jul 2025 02:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16665

Actions (login required)

View Item
View Item