Peningkatan Hasil Belajar Pencerminan Bangun Datar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di Kelas IV SD Fransiskus Kota Bukittinggi

Nainggolan, Tio (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pencerminan Bangun Datar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di Kelas IV SD Fransiskus Kota Bukittinggi. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TIO_NAINGGOLAN_50613_3978_2012.pdf] Text
final_B1_6_TIO_NAINGGOLAN_50613_3978_2012.pdf

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas IV SD Fransiskus Kota Bukittinggi pada pembelajaran pencerminan bangun datar, belum mengaitkan dengan dunia nyata peserta didik dan masih terpusat pada guru, peserta didik menjadi pasif yang berakibat pada rendahnya hasil belajar pencerminan bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar pencerminan bangun datar dengan pendekatan PMR di kelas IV SD Fransiskus Kota Bukittinggi.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualiatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dilakukan dua siklus, siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Pembelajaran mengikuti empat tahap pendekatan PMR yaitu: 1) pendahuluan, 2) pengembangan model simbolik, 3) penjelasan dan alasan dan 4) penutup. Data diperoleh dalam bentuk persentase setelah melaksanakan empat tahap PTK yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) pengamatan dan 4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PMR dapat meningkatkan hasil belajar pencerminan bangun datar di kelas IV SD Fransiskus Kota Bukittinggi. Persentase hasil belajar yang diperoleh dari 30 orang peserta didik pada aspek kognitif nilai rata-rata siklus I 70% kategori cukup dan siklus II 96.67% kategori sangat baik. Untuk aspek afektif siklus I 72,50% kategori cukup dan siklus II 89% kategori sangat baik. Untuk aspek psikomotor siklus I 69,66% kategori cukup dan siklus II 89% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik pada pencerminan bangun datar dengan menggunakan pendekatan PMR di kelas IV SD Fransiskus Kota Bukittinggi tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Bangun Datar, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Di Kelas IV SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 23 Jul 2025 05:04
Last Modified: 23 Jul 2025 05:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16661

Actions (login required)

View Item
View Item