Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X TITL SMK Negeri 2 Padang

Fauzi, Fauzi (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X TITL SMK Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_FAUZI_14059187_5269_2018.pdf] Text
final_B1_07_FAUZI_14059187_5269_2018.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di kelas X TITL SMK Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berpengaruh positif terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, Make a Match, aktivitas belajar, hasil belajar, Dasar Listrik dan Elektronika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 23 Jul 2025 05:02
Last Modified: 23 Jul 2025 05:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16655

Actions (login required)

View Item
View Item