Yulia, Desri (2021) “Pemahaman Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013 di SMKN 2 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_DESRI_YULIA_17046058_3170_2021.pdf [thumbnail of B1_2_DESRI_YULIA_17046058_3170_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_DESRI_YULIA_17046058_3170_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyederhanaan struktur kurikulum 2013
pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mana guru-guru mengatakan
alokasi waktu untuk mata pelajaran sejarah Indonesia yang semakin berkurang seiring
dengan Revisi kurikulum 2013, sehingga menyebabkan guru kekurangan jam
pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru sejarah
Indonesia terhadap pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 yang
dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Bukttinggi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix methods (Kuantitatif
dan Kualitatif). Alat pengambilan data berupa lembar penilaian, wawancara, observasi
serta dokumentasi. Lembar penilaian memuat variabel kegiatan pendahuluan, kegiatan
inti, scientific approach, dan kegiatan penutup. Uji keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemahaman guru sejarah Indonesia di
SMKN 2 Bukittinggi terhadap pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dalam
kategori baik dengan angka persentase sebesar 78,7%. Berdasarkan indikator kegiatan
pendahuluan 83,2 %; kegiatan Inti 80,6 %; scientific approach 69,8%; kegiatan
penutup 81,3%. Namun, dalam aturannya guru tidak paham dengan pelaksanaan
pembelajaran sejarah Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013, karena dalam
perencanaan pembelajaran guru tidak membuat RPP sesuai dengan aturan Kurikulum
2013.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap pelaksanaan
pembelajaran sejarah Indonesia berdasarkan kurikulum 2013 di SMKN 2 Bukittinggi
dalam prakteknya menunjukkan ciri yang baik namun, berdasarkan teorinya guru tidak
paham pelaksanaan pembelajaran berdasarakan Kurikulum 2013 karena RPP yang
dibuat tidak sesuai dengan pelaksanaan dan kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Sejarah Indonesia |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 05:02 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 05:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16651 |