Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas V SDN 13 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman

Ningsih, Yustria (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas V SDN 13 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YUSTRIA_NINGSIH_07465_2012.pdf] Text
final_B1_6_YUSTRIA_NINGSIH_07465_2012.pdf

Download (725kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Dimana dalam penulisan siswa menulis sesuka hatinya saja tanpa ada rambu-rambu atau aturan-aturan yang ditetapkan dalam penulisan karangan tersebut, sehingga terdapat banyak kesalahan dalam karangan siswa. Dalam menulis karangan deskripsi, siswa cenderung mengalami kesulitan dalam pengembangan kalimat menjadi sebuah paragraf dan karangan yang padu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme di kelas V SDN 13 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan lembaran observasi yang diamati oleh dua orang observer untuk melihat peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 13 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus.. Penelitian ini berupa informasi tentang peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi pada tahap pramenulis, tahap menulis, dan tahap pascamenulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi siswa mengalami peningkatan. Dimana pada siklus I nilai rata-rata tahap prapenulisan adalah 69,32 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,95, nilai rata-rata tahap penulisan siklus I adalah 66,76 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,38, nilai rata-rata pascapenulisan pada siklus I adalah 69,03 menjadi 84,37 pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri 13 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Karangan Deskripsi, Pendekatan Konstruktivisme, Keterampilan Bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 23 Jul 2025 05:02
Last Modified: 23 Jul 2025 05:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16648

Actions (login required)

View Item
View Item