Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode VCT Reportase di Sekolah Dasar Negeri 10 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung

Oktaviani, Tika (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode VCT Reportase di Sekolah Dasar Negeri 10 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TIKA_OKTAVIANI_50602_1252_2013.pdf] Text
final_B1_6_TIKA_OKTAVIANI_50602_1252_2013.pdf

Download (474kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi Berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan hasil belajar siswa rendah. Disini peneliti menggunakan menggunakan metode VCT Reportase untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan metode VCT Reportase di SD Negeri 10 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran dengan metode VCT Reportase dikelas IV SD Negeri 10 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pencatatan lapangan, dan teknik tes.
Hasil penelitian menunjukan siklus I pertemuan I dan II bahwa dari penilaian RPP diperoleh skor nilai 71, dan 78,6, dari aspek guru diperoleh skor 71,8 dan 75, dari aspek siswa diperoleh skor 65,6 dan 71,8, hasil belajar siswa diperoleh nilai kognitif adalah 62 dan 71, nilai afektifnya 57 dan 66, sedangkan nilai psikomotornya adalah 58 dan 65. Sedangkan pada siklus II pertemuan I dan II bahwa dari penilaian RPP diperoleh skor nilai 96.4, dan 96.4, dari aspek guru diperoleh skor 81,2 dan 93,7, dari aspek siswa diperoleh skor 75 dan 81,2, hasil belajar siswa diperoleh nilai kognitif adalah 80 dan 100, nilai afektifnya 81 dan 90, sedangkan nilai psikomotornya adalah 81 dan 86, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian terungkap bahwa penggunaan metode VCT Reportase dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 10 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, PKN, Metode VCT Reportase
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:17
Last Modified: 25 Jul 2025 01:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16646

Actions (login required)

View Item
View Item