Saktria, Yusti (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Model Bamboo Dancing di Kelas V SDN 23 Talago Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YUSTI_SAKTRIA_1108231_1488_2014mhs.pdf [thumbnail of final_B1_6_YUSTI_SAKTRIA_1108231_1488_2014mhs.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YUSTI_SAKTRIA_1108231_1488_2014mhs.pdf
Download (692kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pembelajaran IPS dikelas V SD yang masih didominasi oleh guru dengan mengutamakan ceramah dan tanya jawab, sedikit peluang untuk siswa beraktivitas, bekerjasama, mengeluarkan pendapat. Sehingga berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Untuk itu penulis tertarik untuk meningkatkan hasil pembelajarn IPS melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learningmodel Bamboo Dancing. Tujuan dari PTK ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan penilaian hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning model Bamboo Dancing dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, siswa kelas V SDN 23 Talago Lubuk Sikaping. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan tekhnik observasi dan tes. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi Hasil penelitian ini terlihat adanya peningkatan. Hasil penilaian RPP siklus 1 adalah 82,14%, Siklus II adalah 96,43%. Pada aktifitas guru siklus 1 adalah 75%, Siklus II adalah 97,7%. Pada aktifitas siswa siklus 1 adalah 77,3%, Siklus II adalah 95,5%. Hasil belajar kognitif siswa siklus 1 adalah 73,00, Siklus II adalah 72,75. Hasil belajar psikomotor siswa siklus 1 adalah 63,95, Siklus II adalah 69,2. Hasil belajar afektif siswa siklus 1 adalah 65,00, Siklus II adalah 71,65. Dengan demikian penggunaan pendekatan Cooperative Learning model Bamboo Dancing dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Cooperative Learning, Bamboo Dancing, Pembelajaran Aktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16643 |