Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SD Negeri 02 Pauh Kecamatan Pauh Kota Padang

Febriani, Yusti (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SD Negeri 02 Pauh Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YUSTI_FEBRIANI_95517_2320_2012.pdf] Text
final_B1_6_YUSTI_FEBRIANI_95517_2320_2012.pdf

Download (969kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa peserta didik d alam proses pembelajaran hanya pasif mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Dari segi proses pembelajaran, guru dalam pembelajaran IPS pada umumnya hanya melaksanakan pembelajaraan konvensional. Sehingga anak beranggapan bahwa pelajaran IPS hanya pelajaran hafalan. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode problem solving pada peserta didik kelas IV SD Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa data perencanaan pembelajaran, aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil tes belajar. Sumber data penelitian adalah proses pembelajaran. Data penelitian diperoleh dari proses pelaksanaan tindakan melalui pengamatan, hasil tes dan diskusi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Kecamatan Pauh pada tahun ajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan tema n sejawat sebagai observer. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS. Hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir tindakan. Dimana dari aspek kognitif hasil belajar peserta didik terjadi peningkatan dari 6,46 nilai rata-rata pada siklus I menjadi 8,23 pada siklus II. Untuk ranah afektif nilai rata-rata peserta didik meningkat dari 6,49 pada siklus I menjadi 8,24 pada siklus II. Sedangkan untuk ranah psikomotor terjadi peningkatan nlai dari rata-rata 6,49 pada siklus I meningkat menjadi 8,03 pada siklus II. Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode problem solving dari siklus I ke siklus II meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Problem Solving, Pembelajaran Aktif, PTK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:17
Last Modified: 25 Jul 2025 01:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16642

Actions (login required)

View Item
View Item