Humaira, Desni (2012) Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di SLB Sabiluna Pariaman: Deskriptif Kualitatif di SLB Sabiluna Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_DESNI_HUMAIRA_01143_4381_2012.pdf [thumbnail of B1_2_DESNI_HUMAIRA_01143_4381_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_DESNI_HUMAIRA_01143_4381_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di
lapangan yaitu di kelas III C SLB Sabiluna Pariaman. Peneliti melihat dalam
proses pembelajaran bahasa Indonesia guru mengalami kesulitan dalam
menyampaikan materi kepada siswa tunagrahita disebabkan keadaan siswa yang
berbeda – beda didalam satu kelas. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan
yang dikaji dalam penelitian ini adalah:(1)Bagaimanakah pelaksanaan
pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa tunagrahita ringan di SLB Sabiluna
Pariaman,(2)Apa kendala yang dihadapi, (3)Bagaimana usaha yang dilakukan
guru untuk mengatasi kendala tersebut.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Subjek
penelitian adalah guru kelas dan siswa tunagrahita ringan kelas III. Data yang
diperoleh berupa informasi melalui kata – kata yang dikumpulkan melalui
kegiatan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang diperoleh dari subjek
penelitian yaitu guru kelas dan siswa tunagrahita ringan yang berpedoman kepada
pedoman wawancara dan observasi yang telah dirancang. Teknik analisa data
yang digunakan adalah teknik deskriptif.
Dari hasil analisa data yang diperoleh bahwa Pelaksanaan Pembelajaran
Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III Di SLB Sabiluna
Pariaman sudah berpedoman kepada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP). Penyajian materi yang dilakukan oleh guru berpedoman kepada program
yang telah disusun dengan memvariasikan metode yang digunakan seperti
mengadakan tanya jawab, diskusi, ceramah, penugasan dan demonstrasi.
Berkaitan dengan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
bahasa Indonesia di SLB Sabiluna belum terlaksana sesuai dengan teori yang ada.
Guru masih harus melakukan usaha yang ekstra guna mengatasi kendala dalam
perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil, dan tindak lanjut. Sehingga tujuan
pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai. Bagi pihak sekolah pun
hendaknya kembali melihat keperluan siswa tunagrahita ringan dalam belajar
dengan menyediakan buku – buku sumber sehingga dapat menunjang proses
pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16641 |