Yusriati, Yusriati (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SD 17 Sigando Kecamatan Padang Panjang Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YUSRIATI_BS_58445_3998_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_YUSRIATI_BS_58445_3998_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YUSRIATI_BS_58445_3998_2012.pdf
Download (215kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran masih di dominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Banyak pendekatan yang dapat diterapkan oleh guru dalam penyajian pembelajaran, dintaranya adalah pendekatan kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).Dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT ini siswa dibagi menjadi kelompok kelompok kecil yang heterogen, mereka saling membantu dan bekerjasama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru, dengan tujuan agar semua anggota kelompok dapat mengerjakan kuis akhir (tes) secara individual demi peningkatan skor perkembangan kelompok.Karena setiap kelompok yang meraih prestasi tertinggi akan mendapat penghargaan.Tujuan dari penetian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered head Together pada materi pengaruh globalisasi di lingkungan masyarakat. Jenis penel;itian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini meliputi : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan observer (teman sejawat) tehnik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan menggunakan lembar observasi dan hasl tes belajar siswa Hasil penelitian untuk RPP siklus I pertemuan I dan II,rata-rata 85%, dan siklus II pertemuan I dan II rata-ratang 95%. Untuk pelaksanaan aktifitas guru siklus I pertemuan Idan II, rata-rata 72,5% dan siklus II pertemuan I dan II ratarata 90% dan aktifitas siswa rata-rata 69 siklus I ,89 pada siklus II. Hasil belajar yang dioeroleh pada siklus I rata-rata 63 dan siklus II meningkat dengan rata-rata 80. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, PKn, Kooperatif Tipe NHT, Globalisasi, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16637 |