Yanova, Desi (2012) Meningkatkan Kemampuan Menyisir Rambut Melalui Teknik Modeling: Single Subject Research pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas III di SDLBN Talawi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_DESI_YANOVA_58485_4167_2012.pdf [thumbnail of B1_2_DESI_YANOVA_58485_4167_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_DESI_YANOVA_58485_4167_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan siswa kelas D.III SDLBN Talawi belum bisa menyisir rambut sendiri. Setiap hari rambut anak selalu kusut dan acak-acakan.Hasil asesmen diketahui bahwa anak masih punya kemampuan untuk dilatih mengurus diri sendiri terutama menyisir rambut karena organ gerak motorik anak masih bisa berfungsi dengan baik. Berdasarkan hal tersebut di atas peneliti mencoba menggunakan teknik modeling untuk meningkatkan kemampuan menyisir rambut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan keefektifitasan teknik modeling dalam meningkatkan kemampuan menyisir rambut pada anak tunagrahita sedang (X) kelas III. di SDLBN Talawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Reaserch (SSR) dengan desain A-B. Subjek penelitiannya adalah anak tunagrahita sedang X. Ukuran target behaviornya yaitu berapa persen (%) anak mampu melakukan langkah menyisir rambut yang telah ditetapkan. Kondisi A adalah baseline yaitu kondisi awal persentase kemampuan anak menyisir rambut sebelum diberi tindakan.Sedangkan kondisi B merupakan kondisi intervensi yakni kondisi anak diberikan intervensi dengan teknik modeling.Pengumpulan data dilakukan melalui prosedur pencatatan dengan observasi langsung.Pencatatan dibuat dalam sebuah format penilaian yang telah disediakan.Data yang diperoleh diolah dalam grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyisir rambut anak meningkat setelah diberikan teknik modeling.Ini terbukti pada fase baseline (A) kemampuan anak hanya sampai 53%. Setelah diberikan intervensi (B) melalui teknik modeling, kemampuan anak sudah mencapai 90%. Dari hasil penyajian data dapat disimpulkan bahwa teknik modeling efektif untuk meningkatkan kemampuan menyisir rambut.Dengan demikian disarankan bagi guru dan peneliti selanjutnya agar menggunakan modeling yang bervariasi dalam meningkatkan kemampuan diinginkan terhadap anak tunagrahita sedang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Modeling Anak Tunagrahita |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16635 |