Muhdaleni, Tika (2012) Penggunaan Pendekatan Kontruktivis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Kelas V SDN 01 Baringin Anam Kec. Baso. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_TIKA_MUHDALENI_93648_769_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_TIKA_MUHDALENI_93648_769_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_TIKA_MUHDALENI_93648_769_2012.pdf
Download (617kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sehingga hasil belajar PKn siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan konstruktivis. Pendekatan konstruktivis merupakan suatu proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara maksimal. Dimana siswa menyelidiki dengan cara mencari informasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Pembelajaran dimotivasi untuk aktif berfikir, melibatkan diri dalam kegiatan dan mampu menyelesaikan tugas sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SDN 01 Baringin Anam Kec.Baso. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan lembar pengamatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran PKn tentang peraturan perundang-undangan di kelas V SDN 01 Baringin Anam Kec.Baso, Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD terteliti.
Hasil penilaian penelitian setelah siklus I pertemuan pertama menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 61,13%, aspek afektif 57%, aspek psikomotor 51%. Siklus I pada pertemuan kedua ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 65,22%, aspek afektif 66%, aspek psikomotor 51%. Penelitian dilanjutkan pada siklus II yang diperoleh siswa adalah aspek kognitif 78,77%, aspek afektif 78%, aspek psikomotor 75,27%. Telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Konstruktivis, Hasil Belajar, PKN, Kelas V SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16634 |