Kurnianti, Indah (2013) Pengaruh Penerapan The Firing Line yang Diawali pemberian Handout terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN2 Tilatang Kamang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_INDAH_KURNIANTI_12703_5413_2013.pdf [thumbnail of B1_5_INDAH_KURNIANTI_12703_5413_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_INDAH_KURNIANTI_12703_5413_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di sekolah bahwa hasil belajar fisika siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah siswa masih kurang aktif selama proses pembelajaran. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah penerapan the firing line. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan the firing line yang di awali pemberian handout terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang. Alasan pemilihan handout adalah kurangnya buku sumber yang dimiliki siswa dan sebagai pegangan bagi siswa dalam memahami materi pelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu “(Quasi Experiment Research)” dengan rancangan “Randomized Control Group Only Design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Tilatang Kamang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Data dalam penelitian adalah hasil belajar aspek kognitif, dan aspek afektif. Instrumen penelitian berupa tes objektif untuk hasil belajar aspek kognitif dan lembar observasi untuk hasil belajar aspek afektif. Untuk menguji hipotesis digunakan uji kesamaan dua rata – rata yaitu uji t pada taraf nyata 0,05.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan data penilaian siswa pada dua ranah. Pertama, pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen 80,81 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 71,14. Pada ranah afektif, terlihat nilai rata-rata afektif siswa, didapatkan rata-rata kelas eksperimen 75.08 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 70,04. Setelah dilakukan uji hipotesis didapatkan thitung pada aspek kognitif adalah 2,76, thitung pada aspek afektif adalah 2,24, sedangkan ttabel dengan dk 38 adalah 1,68 dan diperoleh thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada pengaruh penerapan the firing line yang diawali pemberian handout terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang dapat diterima pada taraf kepercayaan 95% .
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENERAPAN STRATEGI THE FIRING LINE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16633 |