Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN 07 Kauman Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman

Yusrianna, Yusrianna (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN 07 Kauman Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YUSRIANNA_52613_1463_2013.pdf] Text
final_B1_6_YUSRIANNA_52613_1463_2013.pdf

Download (870kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar siswa kelas V SDN 07 Kauman kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman, ditemukan bahwa dalam pembelajaran PKn, yang mana penyampaiannya berupa teori saja sehingga konsep materinya masih kurang dipahami siswa. Pembelajaran yang diselenggarakan guru lebih bersifat penyampaian dengan menggunakan metode ceramah, sehingga siswa menjadi pasif dan tidak kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pkn dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD di kelas V SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD di kelas V SDN 07 Kauman. Hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD pada siklus I dan II mengalami peningkatan yang mana nilai rata-rata siklus I pada penilaian RPP adalah 71% dan siklus II adalah 85%. Observasi untuk aktivitas guru pada siklus I adalah 71% dan siklus II adalah 89% dan observasi untuk aktivitas siswa pada siklus I adalah 69,5% dan untuk siklus II adalah 89%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I dari aspek kognitif adalah 60,5%, aspek afektif adalah 48.89% dan aspek psikomotor adalah 60.36% dan pada siklus II nilai ratarata aspek kognitif adalah 85%, aspek afektif adalah 85.12% dan aspek psikomotor adalah 82.73%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 07 Kauman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, PKn, STAD, Pembelajaran Kooperatif, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:16
Last Modified: 25 Jul 2025 01:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16632

Actions (login required)

View Item
View Item