Ferdana, Randy (2015) Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Strategi Quantum Teaching di Kelas V SD Negeri 27 Cangkiang Kec. Ampek Angkek Kab. Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RANDY_FERDANA_04322_1575_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_RANDY_FERDANA_04322_1575_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RANDY_FERDANA_04322_1575_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar, bahwa kemampuan berbicara siswa masih rendah.. Hal ini disebabkan karena pembelajaran keterampilan berbicara yang dilaksanakan hanya sebatas kegiatan membaca dan menjawab pertanyaan dari bacaan yang diberikan dan penilaian keterampilan berbicara diberikan kepada siswa tanpa melihat aspek-aspek yang ada dalam keterampilan berbicara. Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan Strategi Quantum Teaching Di Kelas V SD Negeri27 Cangkiang kec. Ampek Angkek Kab.Agam. Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi dan format penilaian proses dan hasil. Data penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri27 Cangkiang kec. Ampek Angkek Kab.Agam, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V sebanyak 13 orang Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I kesiklus II. Pada perencanaan pembelajaran nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I 74,5% (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 96% (sangat baik). Pada pelaksanaan pembelajaran, nilai rata-rata untuk aspek guru pada siklus I 76,05% (baik) meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (sangat baik), sedangkan nilai rata-rata untuk aspek siswa pada siklus I 73,61% (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 94,44%% (sangat baik). Pada penilaian keterampilan siswa, nilai rata-rata siklus I 72,50 meningkat pada siklus II menjadi 89,23. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan berbicara di Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan,Quantum Teaching |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:17 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16627 |