Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV B SD Fransiskus Bukittinggi

Marlina, Marlina (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV B SD Fransiskus Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MARLINA_50623_4101_2012.pdf] Text
final_B1_6_MARLINA_50623_4101_2012.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SD Fransiskus Bukittinggi bahwa siswa masih kesulitan dalam memahami konsep IPS karena belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat akibatnya pembelajaran kurang menyenangkan bagi peserta didik terbukti dengan nilai IPS yang kurang memuaskan. Diantara berbagai metode pembelajaran yang ada salah satunya metode problem solving. Metode ini memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir dan berdiskusi, melatih siswa memecahkan masalah. Melihat hal tersebut dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penggunaan metode problem solving untuk meningkatkan hasil belajar IPS di Kelas IV B SD Fransiskus Bukittinggi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012 di SD Fransiskus Bukittinggi, dengan subjek penelitian berjumlah 28 orang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Pembelajaran dengan metode ini menggunakan 5 langkah sesuai dengan pendapat Syaiful. Setiap pertemuan dilaksankan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setiap akhir pertemuan diadakan tes untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Selama pelaksanaan observernya adalah guru kelas IV B dengan berpedoman pada lembar pengamatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving dapat melatih siswa berbagi pengalaman, berani mengeluarkan pendapat serta mau menerima perbedaan pendapat serta mengubah peran guru sebagai fasilitator dan motivator bagi siswa. Perencanaan pembelajaran dari siklus I ke siklus II sudah menampakkan hasil yang baik. Siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 74,64 dan dilaksanakan Siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata 83,93. Penelitian masih dilanjutkan ke Siklus II dan nilai rata rata siswa sudah mencapai 90 maka dapat diambil kesimpulan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Problem Solving, Pembelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:17
Last Modified: 25 Jul 2025 01:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16625

Actions (login required)

View Item
View Item