Yusnita, Yusnita (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan STM di Kelas IV SDN 07 Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YUSNITA_58372_686_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_YUSNITA_58372_686_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YUSNITA_58372_686_2013.pdf
Download (202kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan IPS yang selama ini masih bersifat tekstual atau cenderung hafalan dan proses pembelajarannya lebih cenderung pada produk dibandingkan dengan proses dalam membuktikan atau menemukan sendiri konsep IPS. Di samping itu, pendidikan IPS selama ini kurang memacu siswa untuk mengembangkan teknologi, sehingga seakan-akan antara teknologi dan sains tidak saling berkaitan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pendekatan STM pada pembelajaran IPS yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) hasil belajar yaitu proses dan hasil. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, kumpulan catatan perbaikan, dan tes akhir. Sumber data adalah proses penerapan pendekatan STM dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 07 Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Subjek peneliti adalah guru (observer), peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Peningkatan dapat dilihat dari: a) Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I nilai persentasenya adalah 64 (cukup) meningkat menjadi 82 (baik) pada siklus II. b) Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan STM untuk aspek guru pada siklus I 77,5 (baik) meningkat menjadi 85 ( baik) pada siklus II.c) Hasil belajar siswa pada siklus I nilai persentasenya adalah 61 (cukup) meningkat menjadi 84 (baik) pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan STM dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 07 Sungai Aur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan STM, IPS, Hasil Belajar, Pembelajaran Kontekstual, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:17 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16624 |