Prasetyo, Arif (2013) Hubungan Perilaku Spiritual dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Rupa di SMP N 1 Enok INHIL Riau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ARIF_PRASETYO_12321_2570_2013.pdf [thumbnail of B1_5_ARIF_PRASETYO_12321_2570_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ARIF_PRASETYO_12321_2570_2013.pdf
Download (451kB)
Abstract
Pendidikan pada dasarnya bertujuan untuk menghasilkan sumber daya
manusia yang berkualitas. Untuk mewujudkannya maka diperlukan pembelajaran
yang terpadu antara kemampuan Kognitif (pengetahuan), afektif (sikap/perilaku)
dan Psikomotor (Keahlian). SMP N 1 Enok telah menerapkan beberapa kegiatan
guna mewujudkan tujuan pendidikan Nasional tesebut, salah satunya yang dirasa
perlu adalah pembenahan perilaku siswa, tetapi dalam prakteknya belum terlihat
adanya perubahan perilaku siswa pada saat mengikuti pembelajaran Seni Rupa
walaupun telah diadakan kegiatan Muhadarah dan pembacaan yasin.Hal ini tentu
berdampak pada penurunan hasil belajar Seni Rupa yang diperoleh siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku
spiritual serta hasil belajar siswa pada pembelajaran Seni Rupa dan untuk
mengungkapkan apakah terdapat hubungan antara perilaku spiritual dengan hasil
belajar siswa pada pembelajaran Seni Rupa.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang berbentuk korelasional
menggunakan teknik analisis data Product Moment Pearson. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 1 Enok yang berjumlah 109 orang.
Sampel berjumlah 86 siswa yang tersebar dari kelas VII hingga kelas IX. Teknik
pengambilan sampel menggunakan acuan sampel acak berstrata, sampel dari kelas
VII berjumlah 25 siswa, VIII 31 siswa dan kelas IX berjumlah 30 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku spiritual yang ditunjukkan
oleh siswa baik dari cara berfikir maupun tindakannya saat pembelajaran Seni
Rupa sudah termasuk dalam katagori baik/tinggi yaitu sebesar 73,33%. Hasil
belajar yang dicapai oleh siswa pada pembelajaran Seni Rupa rata-rata mencapai
76, namun masih banyak siswa yang belum mencapai KKM jika ditinjau secara
personal.
Hubungan yang terjadi antara perilaku spiritual dengan hasil belajar siswa
pada pembelajaran Seni Rupa jika dihitung dengan menggunakan program SPSS
16.0 sebesar 0,487** atau lebih kecil dari alpha 0,5. Nilai indeks probabilitas
0,00 atau signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara
perilaku spiritual dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran Seni Rupa di SMP
N 1 Enok sekitar 49% atau tingkat hubungan yang terjadi bersifat sedang dengan
arah hubungan yang positif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:15 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16619 |