Mariyatri, Mariyatri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Ruang dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SD Negeri 04 Halaban Kab. 50 Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MARIYATRI_01374_224_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_MARIYATRI_01374_224_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MARIYATRI_01374_224_2013.pdf
Download (365kB)
Abstract
Berdasarkan wawancara yang dilakukan penulis dengan guru kelas V SD Negeri 04 Halaban Kab. 50 Kota ditemukan permasalahan pembelajaran pada materi sifat-sifat bangun ruang khususnya prisma segi empat dan prisma segitiga, yaitu: di dalam proses pembelajaran, guru kurang menggunakan metode yang beragam seperti jarangnya diadakan diskusi kelompok, walaupun diadakan diskusi kelompok, guru hanya menunjuk siswa yang berkemampuan tinggi untuk mempresentasikan hasil diskusi sehingga siswa yang berkemampuan sedang dan rendah menjadi kurang bertanggung jawab terhadap tugas kelompoknya dan mengandalkan siswa yang berkemampuan tinggi saja. Hal ini menyebabkan banyak siswa yang kurang memahami materi dan memperoleh hasil belajar yang rendah. Untuk memperbaiki proses pembelajaran sifat-sifat bangun ruang tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar sifat-sifat bangun ruang dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran sifat-sifat bangun ruang pada kelas kelas V SD Negeri 04 Halaban Kab. 50 Kota. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi, serta data yang diperoleh melalui lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan pelaksanaan dari aspek guru dan siswa, dan evaluasi hasil belajar. Hasil belajar sifat-sifat prisma segi empat dan segitiga di kelas V SD Negeri 04 Halaban dengan NHT pada siklus I dan II mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 69,56 dan pada siklus II rata-rata 81,58. Dari kemampuan guru merancang pembelajaran dari 82,70% mencapai 92,31%. Aktivitas guru dari 70,32% mengalami peningkatan menjadi 90,63%. Aktivitas siswa dari 68,75% mengalami peningkatan 87,51%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sifat-sifat bangun ruang dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Halaban Kab. 50 Kota.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numbered Head Together (NHT), Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:15 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16617 |