Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Operasi Hitung dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas IV SD Negeri 07 Situjuah Gadang Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota

Yusnita, Yusnita (2011) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Operasi Hitung dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas IV SD Negeri 07 Situjuah Gadang Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YUSNITA_52346_2301_2012.pdf] Text
final_B1_6_YUSNITA_52346_2301_2012.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan hasil peneliti yang dilakukan oleh guru kelas IV SD Negeri 07 Situjuah Gadang, selama ini guru belum pernah menggunakan metode pendekatan Cooperative Learning tipe STAD dalam pelaksanaan pembelajaran matematika sifat-sifat operasi hitung, hal ini sangat berdampak pada siswa, siswa merasa pembelajaran matematika sifat-sifat operasi hitung tidak bermakna siswa terlihat pasif, tidak bisa mengembangkan kreatifitasnya karena hanya menunggu guru yang menerangkan yang berakibat rendahnya hasil pembelajaran siswa. Untuk itu diadakan suatu penelitian tindakan kelas, yang tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 07 Situjuh Gadang dengan menggunakan metode pendekatan cooperative learning tipe STAD, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, penelitian dilaksanakan dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penilaian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sifat-sifat operasi hitung dengan menggunakan metode pendekatan cooperative learning tipe STAD hal ini dapat dilihat baik dari kemampuan guru dalam merancang pembelajaran dari siklus I dengan persentase 75,8% dan siklus II mencapai 87,8% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I pelaksanaan kegiatan guru 80,3% dan siklus II meningkat menjadi 92,8% dan aktifitas siswa pada siklus I persentasenya 80,3% pada siklus II mencapai peningkatan 92,8%. Hasil belajar siswa setelah menerapkan metode pendekatan cooperative learning tipe STAD dari siklus I dan siklus II yaitu siklus I pertemuan I sebesar 75,8% siklus II pertemuan I sebesar 92,8% nilai rata-rata afektif siklus I pertemuan I kognitifnya 75,8% dan afektifnya 75,3% psikomotor 75,1%. Nilai rata-rata afektif siklus II pertemuan II kognitifnya 87,8% dan afektifnya 92,8% psikomotor 93,3% dari data tersebut terlihat bahwa nilai siswa tidak tetap, dimana setiap siklus meningkat.Dari data tersebut terlihat bahwa nilai siswa tidak tetap, dimana setiap siklus meningkat penggunaan metode cooperative learning tipe STAD pada pembelajaran matematika sifat-sifat operasi hitung bagi siswa kelas IV SD Negeri 07 Situjuah Gadang Kabupaten Lima Puluh Kota telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Tipe STAD, Matematika, Hasil Belajar, Operasi Hitung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:15
Last Modified: 23 Jul 2025 04:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16616

Actions (login required)

View Item
View Item