Nabiila, Nafla (2021) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Listening Team terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NAFLA_NABIILA_17129156_958_2022.pdf [thumbnail of final_B1_6_NAFLA_NABIILA_17129156_958_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NAFLA_NABIILA_17129156_958_2022.pdf
Download (619kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang variatif belum maksimal dan hanya menggunakan model pembelajaran konvensional, Peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan aktivitas belajar yang melibat peserta didik secara kooperatif belum maksimal. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu cendrung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Kooperatif Tipe Listening Team terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Pauh Kota Padang pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain penelitian quasy eksperimen bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan data sampel dilakukan dengan teknik Probability Sampling dengan jenis simple random sampling, populasi terdiri dari Sekolah Dasar dalam satu Gugus I Kecamatan Pauh Kota Padang dan terpilih sebagai sampel adalah kelas V SDN 04 Pauh dan kelas V SDN 08 Pisang. Kelas V SDN 04 Pauh sebagai kelas e cksperimen dan kelas V SDN 08 Pisang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dengan jenis pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,962 dengan standar deviasi yaitu 7,7831 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 75,7037 dengan standar deviasi yaitu 10,8088. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh t hitung sebesar 2,7304 sedangkan t tabel pada taraf kepercayaan α 0,05 adalah 2,0066, sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe listening team terhadap hasil belajar pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Pauh Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Listening Team, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik Terpadu |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:15 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16614 |