Putri, Marisha Intan (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Cooperative Script Di Kelas V SDN 07 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MARISHA_INTAN_PUTRI_17129352_2920_2021.pdf [thumbnail of final_B1_6_MARISHA_INTAN_PUTRI_17129352_2920_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MARISHA_INTAN_PUTRI_17129352_2920_2021.pdf
Download (368kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pada pelaksanaan proses pembelajaran guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggali dan menemukan sendiri suatu konsep dari materi pembelajaran. Akibatnya, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hanya mendapatkan mendengarkan apa yang disampaikan guru . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Script di Kelas V SDN 07 Sungai Beremas. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V di SDN 07 Sungai Beremas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan penilaian RPP. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (1) Penliaian RPP siklus I yang memperoleh rata-rata 76,56% dengan kualifikasi C (Cukup), meningkat menjadi 93,75% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik) pada siklus II. (2) Penilaian aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 81,26% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat menjadi 90,6% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik) pada siklus II. Penilaian aspek siswa siklus I memperoleh rata-rata 81,26% dengan kualifikasi B (Sangat Baik), meningkat menjadi 90,6% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). (3) Hasil belajar siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 75,13 dengan kualifikasi C (Cukup), meningkat menjadi 90,03 dengan kualifikasi SB (Sangat Baik) pada siklus II. Dengan demikian, model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Script, peningkatan hasil belajar, pembelajaran tematik terpadu |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:15 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16613 |