Fathiyah, Fathiyah (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X TITL SMK Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_FATHIYAH_1305197_1749_2018.pdf [thumbnail of final_B1_07_FATHIYAH_1305197_1749_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_FATHIYAH_1305197_1749_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X TITL SMK Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus III. Demikian juga dengan hasil belajar siswa, pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 20 orang (66,7%), pada siklus II meningkat menjadi 24 orang (80%), dan pada siklus III sebanyak 27 orang siswa (90%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournament, aktivitas belajar, hasil belajar, Pekerjaan Dasar Elektromekanik, SMK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | Zikri Ramadhan |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:14 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16609 |