Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 03 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Padang

Yusnidar, K (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 03 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YUSNIDAR_90277_2319_20123.pdf] Text
final_B1_6_YUSNIDAR_90277_2319_20123.pdf

Download (314kB)

Abstract

Pembelajaran PKn selama ini diselenggarakan hanya berpusat pada guru (teacher center). Sehingga siswa hanya sebagai pendengar dan kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga menciptakan suasana kelas yang kurang nyaman dan banyak dari siswa yang tidak mendengarkan penjelasan yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan rancangan RPP, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PKn dengan pendekatan CTL, mendeskripsikan hasil pembelajaran siswa dengan menggunakan pendekatan CTL. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Axtion Research) yang berfokus pada upaya untuk mengubah kondisi riil sekarang kearah yang diharapkan (Improvement Oriented). Penelitian ini dilaksanakan kelas IV SD Negeri 03 Bandar Buat Lubuk Kilangan. Subjek pada penelitian ini adalah murid kelas IV semester dua tahun ajaran 2010/2011. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pembelajaran PKn telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang terdapat dalam lembar penilaian RPP, pembelajaran PKn telah dilaksanakan dengan hasil rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 92,8%. Sedangkan aktifitas guru didapatkan sebesar 82,14%, dan aktifitas siswa didapatkan sebesar 85,7%. Penilaian afektif didapatkan sebesar 70,39%, penilaian kognitif didapatkan sebesar 8,2%, dan penilaian psikomotor sebesar 73,90%. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa, dimana hasil belajar siswa pada siklus II lebih tinggi dari pada hasil belajar pada siklus I

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PKn, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:14
Last Modified: 23 Jul 2025 04:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16605

Actions (login required)

View Item
View Item